Kenali Langkah Awal Belajar Bermain Gitar

It's about my music ♪♫ !!

♪ First
Setiap orang harus memiliki "First Step" agar semua yang dilakukannya bisa lebih efektik dalam menggapai Tujuannya, dan supaya lebih mudah memahami apa yang ia lakukan, agar semuanya tidak berakhir sia-sia!, dan percayalah bahwa "Langkah awal yang baik itu akan mendatangkan kesuksesan yang Mudah".

Mungkin saya akan banyak berbicara pada postingan kali ini, dan saya akan sangat merasa Terhormat bisa anda(Readers) bisa menaruh komentar pada blog ini agar saya bisa memperbaiki segala kekurangan  yang ada dalam postingan ini. Iya... artikel ini Inysa Allah akan saya update dan perbaiki.
 Oke..sebelumnya mohon maaf apabila bahasa yang disampaikan penulis(Ian Febriyan) ini kurang di mengerti, karna artikel dan Tutorial ini LANGSUNG diketik/ditulis oleh saya Ian.

Dan bukan berarti saya adalah seorang guru gitar apalagi gitaris... saya hanya seorang manusia biasa yang ingin sekali bisa handal dalam bermain gitar dalam segi apapun, dan skill saya juga masih dibawah rata-rata layaknya seorang gitaris, dan disini saya mengajak anda untuk mengenal dan belajar gitar, karna tidak ada salahnya anda mencoba beberapa tips / tutorial dari artikel ini. (Ian)

♪Lets Talk About Guitar
Langkah awalnya kita harus mengenal terlebih dahulu gitar kita, banyak yang mengatakan "Tak kenal maka tak sayang" jadi sebelum anda menyayangi alat musik yang satu ini maka anda juga harus mengenal dia lebih dekat lagi.
Bagian-bagian gitar akustik dan fungsinya
Image source from Google/Kaskus
Tuning Machines/Tuning Page,  fungsinya untuk menyetem/Tuning gitar  Standard Tuning adalah EBGDAE, 1(E) 2(B) 3(G) 4(D) 5(A) 6(E) bila pada urutan senar gitar.
Headstock/Head, Untuk menahan senar dan Tuning machines.
Nut, untuk mengatur penempatan senar agar lebih efektif untuk langsung ke Tuning machines.
Neck atau orang Indonesia biasa memanggilnya bagian Leher gitar yang fungsinya meletakkan Fingerboard dan Fret gitar.
Fingerboard, atau orang Indonesia biasa memanggilnya kolom gitar, yaps bagian ini adalah bagian-bagian penempatan nada pada gitar.
Fret,  atau orang Indonesia biasa memanggilnya Grip, kalau fingerboard adalah penempatan nada-nada pada gitar, lalu Fret adalah pembatas nada-nadanya.
Heel, Sebenarnya Ian baru tau sih kalau bagian itu disebut dengan "Heel" yaa...bagian yang berbentuk seperti segitiga belum jadi(jadi-jadian kali hehe, Ian becanda mulu.. tapi serius!! baru tahu itu namanya heel) ini sepertinya untuk menahan neck agar tidak bengkok/melengkung (CMIIW). tapi gitar akustik yg bagus pasti memiliki Truss Road agar tidak melengkung.
Soundboard atau Soundhole atau fire in the hole!!! hehehe becanda mulu nihh Ian, ini singkatnya adalah tempat keluarnya suara gitar akustik, yaa untuk Soundhole bisa dibilang temtat sirkulasi udara didalam body gitar agar dapat suara gitar dapat dihasilkan.
Rosette garis-garis veriatif yang melingkar pada Soundhole.
Ribs, itu bagian yg sexy gan hehehe (kalo cewe) untuk menempatkan gitar di paha pada saat bermain duduk, sit up sit up hehe.
Saddle, tidak berbeda jauh seperti nut, hanya saddle tempatnya pada bridge gitar akustik/klasik
Body, itu adalah bagian paling besar gan.. fungsinya tentu banyak, karna sebagai penempatan bagian-bagian yang lain, dan kualitas kayu pada Body juga akan berpengaruh pada kualitas suara gitar agan.
♪Tambahan♪
Pickguard, mungkin pada gambar1 tidak diberitahukan Pickguard, bila pada gambar1 pickguard itu yang disebelah soundhole yg bulat besar warna merah, fungsinya sebagai pelindung body dari Pick gitar


Bagian-bagian gitar elektrik dan fungsinya
Image source from Google/Kaskus

Untuk gitar elektrik sebenarnya bagian-bagian gitar elektrik dan akustik yang sama maka fungsinya juga sama atau tidak jauh berbeda, hanya saja gitar elektrik mempunyai bagian-bagian gitar yang khusus seperti:

Pickups, Bagian yang berfungsi menerima getaran suara dari senar yang dipetik atau genjreng, lalu diubah menjadi getaran listrik, jumlah dan jenis pickups ada bermacam-macam, tapi jenis yang sering digunakan adalah single coil dan double coil/humbucker.
Volume Control, Yang satu ini setiap orang umumnya sudah tahu dan yang pasti fungsinya untuk memperbesar atau memperkecil suara gitar.
Tone Controls, Berfungsi merubah suara menjadi low atau bass.
Pickup Selector Switch, adalah bagian yang berfungsi memilih pickup yang digunakan, variasainya adalah memilih salah satu / penggabungan beberapa pickup.
Output Jack, untuk memasukan kabel Jack gitar.
Strap pin dan End pin, untuk menaruh Strap atau sabuk gitar.

Bagian-bagian gitar klasik dan fungsinya
Image source from Google/Kaskus

♪The Notes on the Guitar
alat musik mana sih yang nggak punya nada atau tangga nada??
mari simak gambar dibawah ini!
Tangga nada gitar
Images source from guitarforanyone.com
 Open strings, itu adalah dimana kita memetik senar tanpa jari kiri tidak menekan kolom/fret manapun
 dan seperti yang sudah saya beritahu EBGDAE adalah standar Tuning/stem gitar yang artinya Senar satu bila dipetik open string akan menghasilkan nada "E" begitupun senar dua bila di petik open string akan menghasilkan nada "B" dan seterusnya, dan Tuning gitar tidak hanya satu, ini hanya standard tuning dan masih banyak lagi Custom Tuning seperti yang popular dalam genre Rock adalah Drop D, bila anda kesulitan stem gitar anda bisa memakai aplikasi android ini !! Smartchord adalah aplikasi atau Tool android andalan saya untuk stem custom gitar.
Anda tidak perlu menghafal sekaligus walupun anda juga harus tahu semuanya tapi saya sarankan untuk memahami semuanya karna bila kita sudah terbiasa kita akan hafal. Dan CAGED System adalah alternatif untuk menghafal seluruh nada pada gitar.
Ohh iya.. kolom/fret 12 bila kita tekan, misal kita tekan kolom 12 senar satu(nada E) maka nada yang dihasilkan sama seperti open string senar nomor satu(nada E) jadi bila kita menekan kolom 13 senar satu(nada F) maka akan menghasilkan nada yang sama dengan menekan kolom 1 senar satu (nada F)

♪Learn The Chords
Cara Membaca Chord diagram

chord dasar gitar
Image source from ticklemystrings

cara membaca diagram chord
Image source from kytar.cz

 Ini adalah gambar dari chord dasar gitar, mungkin anda akan bertanya "kenapa tidak ada chord B mayor, B minor dan Chord C minor?" jawabannya adalah mungkin akan terasa sangat sulit karna chord tersebut termasuk chord gantung (kalau kata orang-orang indonesia).

Perhatikan gambar dibawah ini !!
cara membaca diagram chord
Image source from qwikchord
Jadi adtinya garis horizontal tersebut menandakan fret gitar dan garis vertikal menandakan senar gitar(ada enam) sedangkan angka "1" itu artinya dimulai dari fret 1(satu), bila angka satu itu diganti "3" maka fret awalnya berada pada fret/kolom 3.



cara membaca diagram chord
Image source from Play acoustic guitar
 Lihat pada gambar "basic chord form" dan lihat pada chord D, dan diatasnya pada senar lima dan enam ada tanda "x" maka senar tersebut jangan dimainkan atau digenjreng karna nantinya nada yang dikeluarkan akan berbeda dan suaranya kacau.

cara membaca diagram chord
Image source from fretjam

 1 = Index (telunjuk)
 2 = Middle (jari tengah)
 3 = Ring (jari manis)
 4 = Pinky (kelingking)
cara membaca diagram chord
Imahe source from guitar skill builder
dan gambar ini sebagai contohnya.. semoga kalian bisa memahami cara membaca diagram chord

♪Learn a song with easy chords♪

Sheila On 7 Anugrah terindah yang pernah kumiliki chord





0 Komentar untuk "Kenali Langkah Awal Belajar Bermain Gitar"

 
Copyright © 2014 Para-Blue - All Rights Reserved
Template By Catatan Info